Tanya Jawab Masalah Android Part 1

Tanya Jawab masalah Android
via shutterstock
Androiddevil.com - Halo sob pengunjung setia androiddevil dan android channel.Di dalam postingan kali ini admin membuat postingan khusus untuk tanya jawab seputar masalah android nya.apabila android nya terkena panas tinggi,mati suri,sering pusing,dan android nya suka bengong alias ngelag,hehehe bisa ditanyakan di sini. 

Admin memang bukan lah seorang mekanik android atau yang ahli dalam bidang android tapi admin akan membantu dari pengalaman admin memegang android.dan jika admin ada salah dalam menjawab mohon di maklumi karena admin juga masih harus banyak belajar.tetapi admin akan menjawab dengan sebaik baiknya
dan buat para master master android yang lagi kebetulan atau kesasar sedang berada disini kiranya dapat membantu sobat sobat disini untuk berbagi ilmu nya..

Yah Peraturan untuk bertanya nya sangat mudah yaitu :
Sebutkan type/merk android nya, kemudian bertanya tentang masalah android yang dialami .
Oke sob.silahkan jangan malu malu untuk bertanya dan jangan pelit untuk menjawab buat yang tahu.
Supaya pertanyaan sobat tidak tenggelam koment menggunakan via blog jangan via facebook.

268 Responses to "Tanya Jawab Masalah Android Part 1"

  1. Min ane pake samsung galaxy young 2. Kok kalo online cepet panas ya? Bahkan sampai muncul warning.. gimana caranya biar ga overheat lagi min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi hp nya sudah di root? apa agan banyak memasang aplikasi? saran saya kalau sudah di root instal aplikasi greenify,dan hapus beberapa aplikasi yang tidak di perlukan

      Delete
  2. Posisi belum root min. Okedeh. Nanti ane apus aplikasi yang gk perlu. Thanks jawabannya min.

    ReplyDelete
  3. samsung ace 3, min caranyangembaliin costom rom ke rom samsung gimana ya ? dan download rom nya dimana ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengembalikan customrom menjadi stockrom..
      download file stockrom(rom bawaan) samsung ace 3 nya dulu,kemudian flash lewat cwm atau flastool,, cari stockrom nya coba di grup kaskus lounge samsung ace 3,atau grup fb nya,atau coba juga di google dengan keyword "stockrom samsung ace 3"

      Delete
  4. Min cara install cwm selain dari flashtool,sama command prom ada?
    Saya mau instal cwm buat diroot.
    Hape saya Xperia M2 4.4.2
    status udah UBL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan aplikasi mobileuncle gan,ntar file cwm nya letakan di sdcard kemudian pilih update recovery.

      Delete
    2. Terus Gan, jika saya mengflash firmware tapi beda model, contohnya saya D2305 lalu di flash ke D2303 apa bisa? Lalu apa resiko nya?
      Jika ada Min minta link Firmware Xperia D2305 untuk yg 4.2.2 single sim saya sudah cari di google ada tapi udah pada dead linknya, terus ada yg bisa di download tapi gak kebaca sama flashtool. Tolong ya Gan 😞😔

      Delete
  5. Min hp saya acer z120. Navbar nya seneng men mencet mencet sendiri. Gimana ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat gmana gan mencet sendiri nya? apa sedang di charger atau lagi di diam kan?

      Delete
    2. Kemungkinan bisa jadi karena touchscreen nya brmasalah, bisa juga karena lag respon nya lambat sehingga terlihat memencet sendiri.. ram berapa gan andro nya?

      Delete
    3. yap berarti terkendala dari ram nya gan,ram segitu ga bisa instal terlalu bnyak aplikasi dan free memory nya juga jangan terlalu sesak..

      Delete
    4. oke makasih gan.
      Satu lagi ya gan, ini juga ada tulisan ruang penyimpanan hampir habis. Ane udah hapus sin semua game, tapi tetep aja ada tulisannya. Hilang nya kalo di hapus cache aja. Tapi nanti nantinya juga muncul lagi, itu gimana gan? Makasih

      Delete
  6. Min share app nomoa camera dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu isu aplikasi buat iphone gan,dan aplikasi nya juga aplikasi hoax, itu bohongan kalau agan sudah liat video nya itu rekaman dari handphone kemudian aktor nya beraksi seperti yang di rekam.. :)

      Delete
  7. Min hh ane zenfone knp sering ada tulisan sayangnya google play telah berhenti... atau aplikasi yg lain nya suka ada tulisan sayangnya telah berhenti juga padahal ane kg maenin hh nye... tanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan aplikasi yang lain?atau yang sering google play. itu yang di namakan force close gan,kalau aplikasi yang sering keluar penyebabnya bisa ram hp agan kecil. tapi jika google play nya aja yang sering force close kasih tau lagi saya

      Delete
  8. Ram nya 2gb min zenfone5.. kebanyakan sih google play min telah berhenti... aplikasi ada beberapa tp space ane masih bnyak min cm bkn blh download tp bekas backup di hp yg lama sebagian... infonya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau google play nya yang sering FC. buka pengaturan>aplikasi>pilih google play> kemudian paksa berhenti dan hapus data

      setelah google play kemudian ke layanan google play cara nya sama seperti tadi. pastikan akun google anda di ingat karena nanti akan di minta login kembali

      Delete
  9. Min knp hp ane klo download di playstore gabisa? Tulisan nya storage udh penuh. Ada solusi gk min ? (Hp ane oppo joy)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu banyak instal aplikasi,, jika memang banyak hapus beberapa aplikasi yang tidak begitu penting, pindahkan aplikasi yang di internal ke sdcard,jangan lupa biasakan hapus cache biar tambah lega memorynya..karena meskipun internal tidak beneran kosong ada minimal sisa memory internal untuk bisa menginstal

      Delete
  10. Min mau tanya nih kenapa option payment di playstore ane kaga ada indosat billing padahal sudah memakai kartu indosat. Apa google accountnya harus pakai no indosat juga ? Tolong infonya min krna ane pengen beli game di playstore nih.
    Hh ane RedMi Note

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory sob saya belum pernah mencoba memakai indosat untuk membeli berbayar playstore,,coba masuk kesini mudah mudahan membantu http://indosat.com/id/personal/hiburan-asik/carrier-billing

      Delete
  11. Min apakah ada aplikasi auto klik no root untuk android? Untuk tablet Lenovo TAB A7 tanpa root. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada sob,auto klik membutuhkan akses root

      Delete
  12. Min hp gua g bisa baca memori eksternal,Klo dimasukkin memory eksternal nanti jd kosong hpnya. Gimana nih min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mencoba pakai memory lain? apakah memory atau androidnya yang bermasalah

      Delete
  13. Gan galaxi tab aku hbs di matikan terus di hidupkan kok muncul tulisan pemutahiran OS,it kenapa ya gan,soalnya tab aku udh aku root.

    ReplyDelete
    Replies
    1. android agan mendapatkan updatean system. misal dari jelly bean mendapatkan os kitkat, sebaik nya di update saja.. tetapi internet wajib kencang dan kuota harus banyak karena update os sekitar 400-500mban... atau memakai wifi saja untuk update nya.

      Delete
  14. Tapi aku update gan tulisan nya muncul perangkat lunak anda udh di modifikasi,padahal udh aku unroot gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gitu abis di root ada kompirmasi pemutakiran os, dan memang begitupula kalou udah diroot ada kompirmasi hp anda udah dimodip, stel pabrik lagi mas, liat status tab harus resmi dan jangan statusnya disesuaikan.

      Delete
  15. Hp ane Lg Optimus su640 udh di root, kasusnya jadi ane pnya game CoC nah entah kenapa game nya ke uninstal sendiri trus saya coba donlod lagi malah error trus tapi klo donlod yg laen bisa, ane juga udh coba playstorenya ane clear data, clear cache, uninstal update tapi tetep gak bisa juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu download ada peringatan apa gan? kalo ke uninstal sendiri jarang terjadi soal nya.. coba pake aplikasi sd maid pro ,untuk membersihkan bangkai game yang sudah di hapus..

      Delete
  16. Min aku mau nanya kan aku donlot xposed soalnya mau ngubah icon batere,tpi pas aku klik instal,hpnya gk mau.awalnya aku pikir mungkin belum diroot.nah aku mau root tuh pke framawork,tpi nasibnya sma kyk xposed.apakah penyebabnya?bagaimana solusinya?ada cara lain untuk mengubah icon batere,tampilan tanpa menggunakan xposed?selain itu adeku memeliki android. Dia pernah menjahtuhkan casnya.namun sejak kejadian itu setiap dia ngecas, suka bunyi dan gk mau jalan.apakah ada solusinya tanpa harus membeli cas yg baru?jika tidak ada apakah outlet2 menjual casnya atau itu ydk dijual?(hpnya samsung).

    ReplyDelete
    Replies
    1. merubah status bar seperti icon batrei,sinyal kalau tanpa pc harus menggunakan exposed gan,dan nanti tinggal instal modul nya seperti xthemer,, maksud nya gagal ngeroot?

      masalah android adik nya yang bunyi apa nya gan?casan atau androidnya ?

      Delete
  17. Cara update system nya gmn ya gan,mohon bantuanya ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa melaui cwm atau flasttool,, bisa juga lewat OTA dipengaturan nya

      Delete
  18. gann hp ane lenov a889.. mau nnya ringtone nya ko kaga bisa di ubah yaa.. bbm. line. dan sejenisnya sama semua 1 nada padahal udah sya setting antar app nya ttep aje.. ane pernah baca kalau gg salah sma kya oppo cuman lupa oppo apaand trus solusinya blum ada.

    ReplyDelete
  19. min saya kan sudah pasang paket, sinyal H+, bbm dan gugel search bisa, tapi kok saya buka playstore gk bisa ya? ada tulisan checkyour connection and try again ya? kenapa ya min? thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hapus file host menggunakn root explorer
      caranya Buka file manager atau root explorer anda dan cari folder root sdcard/etc/ dan hapus file bernama hosts

      Delete
  20. Saya mau nanya, Saya memakai htc one M8, Masih kondisi S-ON, Yang mau saya tanya gimana supaya bisa S-OFF, Soalnya saya mau off kan nya pakek firewater sudah ditutup, dan ndk bisa digunakan lagi, Kalau pakai sunshine harus bayar, Apakah ada yg gratis :D

    ReplyDelete
  21. min hp ane asus zenfone 5, baterainya boros banget, setelah saya browsing ternyata ada cara menurun kan kecepatan prosesor/ underclock klo gk salah dengan up frills cpu. itu bahaya gk min dan resikonya apa? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan penurunan prosesor masih pro kontra ada yang bilang aman dan berbahaya,tetapi saya juga sudah lama memakai set cpu dengan fungsi yang sama tidak mengalami masalah,,

      Delete
  22. hp saya samsung galaxy chat, pas masuk download mode kok gak konek ke pc? padahal setelah saya hidupkan kembali konek ke pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di centang belum,debugging usb di pengaturan pengembang nya gan?

      Delete
  23. Gan yg cocok cwm versi berapa ya gan untuk samsung galaxy tab 2P3100 saya soalnya kok banyak versinya,dan tab saya skng versinya 4.1.2 gan mohon bantuanya ya gan takut salah pilih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih versi terbaru saja gan ,kalo sudah ada twrp mending pake twrp aja gan..

      Delete
  24. Permisi ane user zenfone 5 a500cg TW.20.40.44releasenotes firmware, mau ngubah ke SUC nya ke WW ada tutorial simple ga min ? Karna kmren pake flash tool takut beresiko di memori yg keapus, lagi ga bisa backup soalnya..
    Sama link buat root zenfone v4 yg buat TW gimana ya ?

    ReplyDelete
  25. min nanya nih, kira kira aplikasi link2sd punyaku udah jadi pa belum, hh ku samsung galyoung gt-s6310, nih ss nya min,
    http://imagizer.imageshack.us/a/img910/6467/qFcENJ.png

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di partisi kan sdcardnya?kelihatan nya sudah berhasil gan..

      Delete
    2. wah tank penjelasannya mimin

      Delete
  26. Satu lagi nih advan vandroid s5k, gangguan di sinyal min udah pernah flash pake flash tool dan dipakein firmware deodex yang udah remove file advannya, tapi masih aja 3G suka ilang"an signalnya
    Mohon bantuan min

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilang sama sekali atau berganti ganti jadi E atau H?

      Delete
  27. Min, kan hp saya Andromax C2 yang new ( ada kamera depan OS kit kat 4.4). Katanya kalo mau root harus pasang CWM dulu ya?. Trus saya liat di comment orang katanya mengorbankan fungsi wifi dan kamera?. Saya masih bingung mau root apa tidak.

    Mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung hp nya gan,,di root bisa menggunakan cwm,flashtool,atau apk, nah mungkin agan sudah cari cari di google dan uutuk meroot hp nya harus menggunakan cwm ya? gpp gan di root aja ,root ga akan berpengaruh terhadap fungsi wifi ataupun kamera,mungkin yang agan baca itu bug setelah memakai custom rom yang mana memasang rom memang kebanyakan menggunakan cwm dan pastinya Hp nya sudah di root, jadi saran saya root saja gan,tetapi jangan di pasang rom kalau belum tahu.. :)

      Delete
    2. ohh oke, saya milih root deh

      Makasih min :)

      Delete
  28. min ane pake redmi 1s , keluhannya sih lumayan cepet panas sblm ane underclock .
    tp pas ane underclock smpe 1,19 Ghz kok masi pnas yah min ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahkan juga aplikasi seperti greenify ,bisa saja banyak aplikasi yang berjalan di background atau menggunakan tweak

      Delete
  29. Advan S4a, kok hh ane gk bisa di root ya min? udh coba pake framaroot ttep tdk bisa, mw pasang CWM via flashtool lewat PC tpi proses downloadnya gk jalan, knapa yah min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan driver hp sobat sudah terinstal di pc,dan coba ceklis usb debugging di pengaturan hp nya.

      Delete
  30. cara instalnya twrp nya harus pakai pc ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak cara gan kalau pake pc bisa menggunakan flashtool, kalau tanpa pc bisa langsung di instal lewat aplikasi mobile uncle bisa juga di flash lewat recovery bawaan hape nya.cari informasi tentang cara instal cwm untuk hp agan menggunakan apa

      Delete
  31. Min di root itu makan banyak ram ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bro malah bikin hh lebih smooth

      Delete
    2. root tidak pengaruh terhadap ram gan,root hanya membuka akses yang dulu nya tidak bisa di buka sekarng bisa terbuka, dengan root malahan kita bisa mengoptimalkan ram seperti menggunakan tweak atau aplikasi ram optimizer yang membutuhkan akses root

      Delete
  32. Dear admin ,aq mau nanya min ,apakah HH ku wajib pembaharuan sistem atau nggak usah ya ?? ?
    Aq dapat notifikasi pembaharuan tsb min soalx ,minta saran nya ya min.. HH ku Acer liquid Z5 ,os jelly bean 4.2.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik di perbarui aja non biasanya update buat fix bug n nambahin fitur lainnya... Liat aja change log nya 😁

      Delete
    2. yaup benar yang di bilang agan @pandu lebiih baik di perbaharui karena pembaharuan bisanya memperbaiki kelemahan system yang sebelumnya

      Delete
  33. Gimana caranya root asus fonepad 7 ???

    ReplyDelete
  34. Gan gimana cara root new andromax g2? Bisa gak rootnya itu pake framaroot kalo bisa minta link downloadnya dong gan sama versi framarootnya mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  35. Gan ..Asus Zenfone 5 di pasarkan di toko toko mall ?
    Atau beritau saya tempat nya Asus daerah Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat dulu di toko toko hp yang besar gan,kalau tidak ada cari di kaskus yang daerah surabaya,atau di fb grup jual beli surabaya

      Delete
  36. Gan kalau masuk mode recovery cwm/twrp lenovo s660 gmn y??
    butuh pencerahan nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cwm atau twrp nya sudah dipasang belum gan? kalau sudah tetapi kesusahan masuk recovery nya bs menggunakan aplikasi mobile uncle

      Delete
  37. Gan .. beritau saya aplikasi downloa video di hp ,selain Tubemate
    Soalnya kalo pake tubemate ngga full videonya
    Padahal udah ada tulisan complete

    ReplyDelete
    Replies
    1. video youtube gan?kalau menggunakan browser hp ,,, tambahkan kata SS di link url nya gan misal www.youtube.com/watchsdaskk rubah menjadi www.ssyoutube.com/watchsdaskk

      Delete
  38. Gan HH saya ZENFONE 5 , KOK Kalo mau kirim file lewat BT Kagak ada Notif BT diaktifkan ya?'/! Minggu2 lalu sih ada ,
    Tapi kemaren2 mau krim file lewat BT tiba2 Jadi nge blank gitoo..layar nya ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembacaan bluetootnya lagi error gan,di restar atau di pengaturan pabrik gan,,kalau seandainya masih berjalan normal dan tidak mengganggu di biaarkan saja.

      Delete
    2. Gan samsung grand prime ku kok rajin banget nongol iklan..gimana biar ndak muncul lg...

      Delete
  39. gan, tau versi line yang gak ada fitur pin waktu login? lupa pin line nih:(

    ReplyDelete
  40. Gan kok pertanyaan ane gak di jawab?
    Cara root new andromax g2 kalo bisa pake frama root, frama root versi brpa? Dan minta link downloadnya

    ReplyDelete
  41. Gan hp aku andromax c3 yang udah di root, terus kmaren versi software nya di pembahrui,
    Super su sama cwm nya langsung bermasalah, dan katanya harus d root manual, cara nge root manual nya gimna gan, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iah setelah menguprade memang akses root akan hilang,dan harus di root ulang lagi, di root aja lagi gan dengan cara yang sama seperti yang agan lakukan sebelum mengupgrade

      Delete
  42. Min hh ane samsung s4, ceritanya pas lgi di root pake odin gagal(failed) terus mau di idupin gabisa malah masuk ke frimeware kies gitu, biar normal lgi gimana caranya min, mohon bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di flash ulang gan,caranya cari dan download file stockrom untuk hp agan kemudian flash menggunakan odin atau flashtool

      Delete
  43. (Samsung galaxy core2), min kok kalau mau download apk di adf.ly , bit.do dll kok muncul bacaan "web page not available" knapa ya min pdahal koneksi wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. situs tersebut di blockir oleh hosts di hp agan,kalau ga bisa mengedit hostnya,coba menggunakan uc browser gan mudah mudahan bisa di akses linknya

      Delete
  44. Galaxy Chat, hh ane bootloop. Flashing ulang tp gak ke deteck di odin. Ada yg saranin pake kies. Ane udah install kies nya di pc tp msh gak kedeteck juga. Mohon batuan nya.

    ReplyDelete
  45. Min hp saya Sony Xperia M Android Jellybean 4.3 gini min saya punya problem mengenai koneksi internet yg ga bisa konek min masalah ini berawal ketika saya pasang apk internet booster dgn setingan tanpa root karena hp saya memang blm di root tp knp koneksi internetnya mlh ga bisa konek pdl sy sudah pake setingan tanpa root yg tersedia pd aplikasinya,,gimana caranya supaya bisa konek lagi internetnya min..mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapus cache dan data aplikasi nya di pengaturan dan hapus aplikasi internet boosternya.kemudian coba ganti pengaturan apnya.. kalau sudah di root hapus file hosts di folder root/etc/hosts kalau belum di root coba aja langkah di atas.

      Delete
  46. Samsung galaxy ace 3. mau nanya niih, hp ane kok ga bisa di root ya? pas mau root di mode recovery ada bacaan signatur failed yg kayak gitu warna merah. . padahal udah berhasil pasang cwm pake pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu file root.zip nya corupt gan.coba download lagi file nya dan flash lagi.atau cari file root dari sumber yang lain

      Delete
  47. Gan Handphone ane Samsung Galaxy Core . Mau nanya nih min , Kan ane dapet Aplikadi dari temen dan saudara ane pas ane Coba Instal Kok Tanda Instal nya gak bisa di Pencet ya kenapa tuh min ??? #PleaseHelpMe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk pengaturan ->pengaturan pengembang/developer>ceklis yang izinkan Aplikasi dari sumber lain

      Jika tidak bisa.mungkin agan mau mencoba timpa aplikasi ya?jika iya uninstal aplikasi sebelumnya dan instal aplikasi yang di kirim tadi

      Delete
  48. Admin gimana cara flashing andorid via pc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp agan apa? Jika samsung biasanya memakai odin.
      Atau aplikasi untuk flash yang sering dipakai yaitu flashtool

      Maksud flashing yang agan maksud yang mana ya? Flashing custom rom? Flashing stockrom? Flashing root atau flashing file file? Sebaiknya agan bergabung di grup atau komunitas hp nya seperti kaskus.fb dll karena penjelasan nya lebih rinci untuk tutor2 flash

      Delete
  49. Min sya mw nanya. Hp saya samsung Prime.. min klau samsung di ROOT ktanya garansi nya hilang, TAPI klau hp di kembalikan (UNROOT) apa GARANSI tetap hilang atau kembali.. thanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar gan.garansi akan hangus ketika android agan rusak dalam keadaan root.
      Agan bisa klaim garansi jika belum di root.atau yang sudah di root bisa di unroot dulu jika kerusakan hp nya masih bisa memungkin kan proses unroot nya gan.

      Delete
  50. Gan kok hape oppo joy ane gak bisa di pasang coc,gak bisa factory reset,format memori,gak bisa masuk ke recovery mode itu kenapa ya.mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang memakai custom rom? Atau memakai rom bawaan gan? Jika masih bawaan mungkin agan pernah oprek2 aplikasi yang membutuhkan root gak gan? Jika agan bisa coba flash dengan rom bawaan nya lagi gan menggunakan flashtool di pc

      Delete
  51. Gan minta tolong solusi nya, ane gk sengaja Download aplikasi di luar playstor trus tuh aplikasi minta jadi administrator, trus pas ane mau nonaktifkan dia gk bisa off, tolong solusinya gan thanks

    ReplyDelete
  52. Cara root samsung tab 4 8inch gimana gan?

    ReplyDelete
  53. Admin saya boleh req game mod ga
    ...... namanya ninja heroes modd pliss ya minn makasih y... kalo ada aku izin comot ok..

    ReplyDelete
  54. min saya kan mai download game di playstore.......habis saya download gagal dan ada tulisan


    Kesalahan
    penyimpanan yang tersedia tidak memindai

    Mohon solusinya min
    ya -xx-

    ReplyDelete
    Replies
    1. memory internal agan kepenuhan gan,meskipun sdcard nya banyak yang kosong default nya kalau kita instal aplikasi akan masuk ke memory internal,kecuali agan atur untuk beberapa type android ada di settingan untuk penyimpanan langsung ke sdcard .

      Delete
  55. Aslamualaikum admin saya mau tanya samsung tab 27,0 saya kalo di cass lama bnget tapi pas sudah penuh 100% abisnya cepet bnget gc ada 1 jam langsung abisss,,,
    Mohon solusinya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dua indikasi gan,,

      pertama batrei android agan ngedrop solusinya ganti batrei.
      kedua data batrei di android sobat hilang atau ngaco bisa jadi karena gonta ganti room oprek system dan lain lain,,solusi nya kalibrasi batrei sobat ,aplikasi nya ada di playstore cara nya charger hingga 100% kemudian klik kalibrate/kalibrasi yang terdapat di aplikasi kalibrasi..

      Delete
  56. Saya punya smartphone samsung galaxy young GT S6310. Kalo lgi download sesuatu, muncul bacaan 'starting download' dan ada icon panah di lyar atas. Namun bbrapa hri ini downloadnya brmasalah. Saat download, bacaan 'starting download' muncul tapi icon panahnya gak ada. Sya cek di file download pun gak ada yg trdownload. Sinyal wifi ada, memori cukup, tp kok downloadnya gak jalan ya?
    Trima ksih..

    ReplyDelete
  57. admin tolong bntu y... gmna cranya mengatasi "sayangnya get rich pro hack telah berhenti". bgmana tuh admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp agan apa ? penyebab yang umum sih karena ram tidak mencukupi sehingga game keluar sendiri atau force close

      Delete
  58. Bang mautanya nih

    Apakah ada Root Andromax C3 yang tanpa PC


    @Trimakasih

    ReplyDelete
  59. gan hp ane andromax c3 kok gak bisa pasang widget dari hasil download play store ya?? itu mslah nya dmna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan aplikasi yang akan di pasang widget terletak di internal ya gan,,karena kebanyakan aplikasi yang menggunakan widget harus berada di memory internal..jika aplikasi nya ada di sdcard widget tidak akan tampil..

      Delete
  60. vroh hp ane ADVAN Vandroid S5 Hardware Versionnya bcm21663 .. Nomor Bentuknya S5-V1.0-2013.07.18 .. tuh vroh lenkap .. jadi gini vrohh lagi ane beli hape ini internalnya 4GB tapi tiba tiba internal ane berubah jadi 1GB .. Gimane cara ngembaliin internal nya biar jadi 4GB lagi yee vroh ?? mohon solusi dan penjelasannya ..

    ReplyDelete
  61. Selamat malam admin..
    Saya mau bertanya seputar icon aneh pada android saya..
    Android saya sony z3 ..
    Belakangan ini saya menemukan icon aneh yang terus muncul pada android saya dan tak dapat di hilangkan...
    Icon tersebut terletak pada bar atas di samping icon sinyal berbentuk telinga dengan huruf T di bawahnya..
    Sebelum saya posting di sini.saya sudah mencari jalan keluarnya melalui mbah google dan kaskus.tapi tidak saya temukan artikel yg membahas dan mempunyai gambar seperti icon aneh d android saya..
    Mohon penjelasannya admin.terimakasih..
    * jikalau admin ingin saya mengirimkam foto icon aneh tersebut akan saya kirimkan dengan cara yg d kehendaki admin.karena di kolom ini tak bisa upload foto^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hurup T ya? mungkin salah satu aplikasi agan yang berjalan di background kah? apakah sesudah direstart tetap ada icon nya? coba kirim screenshot nya ke email juandi.a7x@gmail.com

      Delete
    2. Sudah saya kirimkan fotonya min..ke email admin..terimakasih.

      Delete
  62. min hp saya acerz120, kenapa semua aplikasi dalam hp saya FC trus dan berulang ulang? kemudian saya mencoba instal ulang namun tetap ga bisa min? gmna yaaa..

    ReplyDelete
  63. pagi. gan ane mau tanya. knpa hp samsung grand duosQ sering rebot sendiri ya....... tolong bantuannya gan.... harus di gimanain ya.....?

    ReplyDelete
  64. min hape saya oppo R831K kenapa gak ada notifikasi nya di setiap icon aplikasi, misalnya whatsapp ada 5 pesan di icon nya gak muncul angka 5 nya,itu kenapa ya? makasih

    ReplyDelete
  65. Gan hp oppo r831k saya kenapa kalo setiap hapus data aplikasi atau hapus cache aplikasi selalu muncul tulisan "maaf google play anda telah berhenti" dan itu keterusan sampai saya membuka aplikasi lain dengan kalimat yang awalnya selalu kata "maaf".
    Itu solusinya gimana gan?
    Mohon bantuannya thanks

    ReplyDelete
  66. Gan hp ane ADVAN S4H kalo lagi rekam video gk bisa pause. Mohon bantuan nya gan!

    ReplyDelete
  67. Gan ane mau nannya .. hape ane ADVAN Vandroid S5 Hardware Versionnya bcm21663 .. Nomor Bentuknya S5-V1.0-2013.07.18 .. jelly bean .. Kan ane pasang customrom yaa .. tapi lupa ngebackup dulu sebelomnya .. nah ane mau ngembaliin ke stockrom nya .. jadi kembali lagi kaya penampilan awalnya .. gimana caranya yaa gan ?????????????

    ReplyDelete
  68. min hp saya ADVAN STAR FIT . mw tanya koq setiap ada sms masuk layar nya gak nyala ya cuma ada nada sms ny aja . gak kayak hp yg lain nya kalo ada sms masuk pasti layar hp nya nyala dan ada nada sms nya . kira2 tw gak di mana tempat pengaturan nya ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  69. Min saya pake samsung galaxy grand prime, terus kenapa sering muncul sistem UI telah terhenti, bagaimana min tanggapan nya?

    ReplyDelete
  70. Gan hp ane samsung galaxy v plus.. kok ikon bbm ane sering ilang muncul yahh.. padahal data aktif.. pdahal udah ganti akun.. smpe uninstal trus download lagi tpi tetep sma aja..

    Mhon arahannya gan..

    ReplyDelete
  71. Gan hp ane samsung galaxy v plus.. kok ikon bbm ane sering ilang muncul yahh.. padahal data aktif.. pdahal udah ganti akun.. smpe uninstal trus download lagi tpi tetep sma aja..

    Mhon arahannya gan..

    ReplyDelete
  72. Gan hp ane samsung galaxy v plus.. kok ikon bbm ane sering ilang muncul yahh.. padahal data aktif.. pdahal udah ganti akun.. smpe uninstal trus download lagi tpi tetep sma aja..

    Mhon arahannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Gan.. mo tanya mengatasi bootloop fonepad 8.. udah masuk CMD perintah
      1.fastboot flash fastboot fastboot.img ==>>> error : "cannot open fastboot.img" di tablet RESULT : OKAY. 2. fastboot flash boot boot.img ===>> OKAY, di tablet ==>>flash boot... flash complete RESULT : OKAY
      3. fastboot flash splashscreen splashscreen.img ====>> error : "cannot open splashscreen.img"
      Lalu aku matikan HH masuk droidboot lagi pilih SD Download ======>> E:No detect /sdcard/ASUS_BUNDLE.zi file! Installing demo content!! no detect APD image file, skip!! ERROR : Can't find image file.

      Help Me Please Gan.....

      Delete
  73. Maaf min mau tanyak,hp sayakan merek oppo joy,jadi bnyk maslh.setiap hari harus nahan emosi di buat hp ini,maslhnya _sering muncul iklan tiba tiba_di buat download juga gak bisa pinyimpanan full_terus aplikasi yang udah di hapus masih lengket di menu itu_bbm sering gak bisa di buka,plis minn bantu buat ngbenerinya_padahal baru 2 bln pakai,terus memo udah 8GB di beli tapi masih aja gak bisa download

    ReplyDelete
  74. Gan ane pegang advan s5e...tiba2 aj saat dgunakan muncul kayak iklan gtu mnta untuk di instal.stelah d close mncul lgi n lagi...kadang jga terinstal dg sndirinya . lama kelamaan setelah sya gunakan muncul kalimat aplikasi terhenti...gmna cara ngatasinya gan

    ReplyDelete
  75. Min hp ane samsung grand prime, kenapa ya sistem UI nya suka berenti dan itu bisa terjadi beberapa kali dalam satu jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pny ny mbk ny jg gt y?
      Kl dh muncul ui sistem berhenti,sinyal lngsg hilang smua g?

      Delete
    2. punya ku juga gan grand prime...sering sistem ui terhenti sinyal pada hilang semua...😂

      Delete
    3. banyak yang mengeluh kan sistem ui dari galaxy prime , mungkin itu bug dari rom nya,jika ada pembaharuan system senaiknya rom nya di upgrade saja gan ,,

      Delete
  76. Assalmualikum min aku yuli
    Min gini aku mau tanya
    Aku baru aja beli samaung galaxy grand prime plus
    Tp sering muncul sistem ui berhenti dan itu continue terus di restart pabrik tpi kek gitu lagi lalu aku hari ini ke scc samsung service center di semarang dan baru tadi 2 jam stlh perbaikan kok maaih muncul google plus terhenti terus line terhenti itu knp ya min makasi min
    Ditunggu ya min infonya
    Maksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pny ny mbk ny jg gt y?kl dh muncul kyk gt,sinyany lgsg hilang g?

      Delete
    2. untuk sistem ui yang terhenti dikarenakan file system.ui nya yang rusak sehingga kita harus memflash rom atau menimpa file system.ui yang rusak dengan yang bagus,,
      nah jika yang berhenti google plus atau aplikasi yang lain silahkan coba cara berikut,

      buka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi yang sering terhenti >kemudian klik dan pilih berhenti ,kemudian hapus cache dan data

      Delete
  77. Mw tny nih....knp y kok grand prime plus ku srg muncul ui sistem berhenti....trs kl dh kyk gt....sinyal lngsg lenyap semua.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sudah pasti kalau Sistem Ui terhenti ,Semua notif tidak hanya sinyal saja yang yang ikut hilang, itu biasa kebanyakan terjadi karena mengoprek aplikasi yang mengedit sistem ui seperti gravitibox,atau xthemer dan lain lain..
      solusi nya
      1.dengan flash rom bisa rom ori atau custom rom
      2.jika sobat punya backup an file System.ui nya hanya perlu mengganti itu saja,,jika tidak punya backupan nya silahkan dengan cara yang pertama

      Delete
  78. Gan saya pake galaxy grand prime g530h..
    Saya mau instal custom ROM galaxy note 4 ke hp saya.
    Kemungkinan bisa tidak gan??
    Atau harus custom ROM apa yang cocok untuk hp saya.
    Tolong gan. Tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika rom galaxy note 4 nya yang original jelas tidak bisa gan,
      kecuali ada yang memporting rom galaxy note 4 nya untuk ke grand prime agan sehingga rom nya cocok di hp agan,,
      sebaiknya agan bergabung di grup grup facebook hp agan,,biasanya banyak yang mengshare rom rom hasil portingan dari hp hp lain,

      Delete
  79. ass..permisi admin saya mau tanya samsung grand prime plus saya kok ui nya sering terhenti...ketika ui terhenti klik ok sinyal nya pada hilang semua...itu kenapa ya...?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sudah pasti kalau Sistem Ui terhenti ,Semua notif tidak hanya sinyal saja yang yang ikut hilang, itu biasa kebanyakan terjadi karena mengoprek aplikasi yang mengedit sistem ui seperti gravitibox,atau xthemer dan lain lain..
      solusi nya
      1.dengan flash rom bisa rom ori atau custom rom
      2.jika sobat punya backup an file System.ui nya hanya perlu mengganti itu saja,,jika tidak punya backupan nya silahkan dengan cara yang pertama

      Delete
  80. Gan.mohon bantuannya.hp saya grand prime udah di update ke lolypop rusia.dan saya mao update kembali ke kitkat kok gak bisa ya.saat diflash muncul tulisan fail..mhon bantuan nya.

    ReplyDelete
  81. Gan, hape samsung duos GT i8262....punya kawan....
    terserang virus pornclub, gimana cara hilanginnya?
    sudah di hard reset masih belum bersih juga.....
    hp jadi super lemot dan kadang restart sendiri....

    please pencerahannya

    ReplyDelete
  82. Gan.mohon dijawab pertanya saya.

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum.. hp saya galaxy grand prime baru beli. Masalahnya itu , hp saya kalo di isi dengan dua sim sinyal keduanya itu sering ilang min. Tapi pada saat saya cuman pake satu sim saja, normal" aja. Solusinya gimana min? Jawab ya please

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaude pake 1 sim card aje.. wkwk

      Delete
    2. yaude pake 1 sim card aje.. wkwk

      Delete
    3. iyaah bener banget, aku juga punya masalah yang sama.
      sinyal hilang terus, kenapa yaah??
      masa ngga mau nerima 2 sim card sii

      ada yang tau solusinya?

      Delete
  84. min, mau tanya hp saya evercoss a26c, ini ada aplikasi "Alarm Controller", tiba" aja aplikasinya munculin iklan dan bikin lemot, udh coba ta uninstal gk muncul tombol nya, gimana y min solusi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun sama,malah lebih banyak

      Delete
  85. Min mau nanya nih, hp saya samsung galaxy grand prime, nah permasalahannya adlh hp saya kalau setelah di restart selalu keinstall aplikasi sendiri bahkan sampai 4 aplikasi, bagaimana ya min cara untuk dibenerinnya ? Thanks

    ReplyDelete
  86. Salam....hp saya samsung galaxi grand prime plus...tp sinyal nya sering hilang....gimana tuh???

    ReplyDelete
  87. Salam kenal Mas. Mas saya punya Advan typeT2G .....sudah 2 bulan saya beli aman2 saja, tp 1 minggu ini kok game yang terinstal tiba-tiba hilang sendiri ya?mengapa sebabnya? Tolong solusinya Mas.terima kasih.

    ReplyDelete
  88. min, samsung galaxy grand prime saya kenapa yaa pengelola kartu SIM nya tidak mau terhubung. Ada signal tapi jaringan tidak diketahui. Sudah saya pindah SIM cardnya tetapi hasilya sama. Sudah saya reset pabrik juga tapi tetap sama aja gak mau terhubung sim cardnya. Gimana solusinya min ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  89. min hp saya andromax g2 itu kadang mati sendiri, tapi bisa dinyalain. kadang saya mau matikan hpnya supaya tidak terlalu panas dan menghemat daya baterai tetapi waktu mau dihidupkan malah berhenti di logonya saja. dan kalau sudah bisa, kadang data internetnya tidak mau menyala. Gimana solusinya min? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  90. min hp saya galaxy grand prime plus...
    permasalahannya sinyalnya sering hilang...
    gimana solusinya min?

    ReplyDelete
  91. mas, tolong di bantu ya. hape saya evercoss a7a, sering muncul kotak "sayangnya sistem ui telah berhenti" meskipun di klik oke tetep gak mau hilang. dan itu muncul setiap 2 detik. terus diikuti semuanya berhenti. udah diflash di konter katanya gak kenak. itu kenapa ya? masih bisa dibenerin gak kira-kira?

    ReplyDelete
  92. bro saya ada masalah sedikit dengan android saya, aplikasi youtube pada android saya tidak dapat di perbaruai atau di update ke versi yang baru.. mohon petunjuk ??

    ReplyDelete
  93. Min , kan hp ane advan s4a sudah saya custom rom s5 tpi pas ane bukak kamera nya kok muncul tulisan "tidak bisa terhubung ke kamera"
    Itu kenapa ya ? Tolong penjelasannya
    Thanks

    ReplyDelete
  94. Min hp sy zenfone c,chagernya hilang dan sy berkali2 ganti chrger tapi selalu masalah,dari klo dicas layarnya jalan sendiri,trus sy beli lagi ada yg smbil dicas tapi ga bisa di pencet2 ada jg yang berjam2 daya yang ngisi cuma dikit.kadang malah dayanya brkurang sendiri.sampai saya bingung harus cari charger yg seperti apa.saya sudah bnyak ganti charger tapi belum ada yg cocok,gmn min solusinya

    ReplyDelete
  95. Gsn misi mohon bantuan ny cara menghapus app pornclub gmn ya...trmksh

    ReplyDelete
  96. Hp sy samsung grand prime.. kenapa sering ui terhenti jdnya saat browsing tiba" ui terhenti????
    Trimksh

    ReplyDelete
  97. Hp saya S5J plus... Ketika sedang di mainkan terkadang muncul apk bacaan firewall service tetapi langsung hilang lagi.. Padahal sudah di reset semua datanya.. Itu kenapa ya min ??...

    ReplyDelete
  98. asalamualaikum,, min., hp ane samsung galaxy v ana daftar tuh akun google..sudah masukin tuh nama pertama terus kedua trus ana masukin jg emailnya,, loading ampe jam jaman ga masuk masuk,, hari prtama hari ke kedua sampe skrng neh hari ketiga,, ga bisa deh pokoknya,, gmn tuh solusinya?? mksh bnyk sblmnya,, wslm,,

    ReplyDelete
  99. Min. Hp ku samsung galaxy prime sering tiba2 g ada sixal kalau7 d restart baru bisa kadang muncul tulisan "maaf sytem ui telah berhenti" hampir tiap hari trima kasih

    ReplyDelete
  100. punten min ane mau gabung sklian nanya hp ane lg p713 skr muncul terus nih firewall service padahal sdh sy hard reset 5x dan skr msh aja , gmn ya min solusinya ? mksih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama boss, kaya di hp saya..
      Cara ngatasi gimana ya...?
      Ini virus apa bukan ya...?

      Delete
    2. pake stubborn trojan killer, kalk gabisa ikutin stepnya atau install facebook dulu

      Delete
  101. min, plis help. hp saya LG L7 II os JB. sudah pemakaian 2 tahun, tiba tiba sekarang sering mengalami "sayangnya sistem UI telah berhenti" dan aplikasi lainya. akhirnya saya RESET Pabrik. tp setkah di pakai beberapa waktu terjadi lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti".

    saya coba upgrade os ke kitkat lewat lg pc suit. berhasil. dan dalam waktu sebulan tidak ada masalah. walaupun kadang muncul "sayangnya sistem UI telah berhenti" tp tak mempengaruhi pengoperasian hp. lalu sekarang mucul lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti" dan aplikasi lainya. sehingga berpegaruh ke sisem dan aplikasi lainnya seperti force close, stack and not responding. lalu saya coba reset pabrik lg. setalh reset awalnya baik baik saja, tp tiba tiba kembali lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti". plis help harus di gimanain lagi ini hp.

    ReplyDelete
  102. min, plis help. hp saya LG optimus L7 II P713 OS JB. sudah pemakaian 2 tahun, tiba tiba sekarang sering mengalami "sayangnya sistem UI telah berhenti" dan aplikasi lainya. akhirnya saya RESET Pabrik. tp setkah di pakai beberapa waktu terjadi lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti".

    saya coba upgrade os ke kitkat lewat lg pc suit. berhasil. dan dalam waktu sebulan tidak ada masalah. walaupun kadang muncul "sayangnya sistem UI telah berhenti" tp tak mempengaruhi pengoperasian hp. lalu sekarang mucul lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti" dan aplikasi lainya. sehingga berpegaruh ke sisem dan aplikasi lainnya seperti force close, stack and not responding. lalu saya coba reset pabrik lg. setalh reset awalnya baik baik saja, tp tiba tiba kembali lagi "sayangnya sistem UI telah berhenti". plis help harus di gimanain lagi ini hp. saya uda lakuain clear cache dgn cc cleaner maupun manual. ketika menjalankan aplikasi selalu seperti itu

    ReplyDelete
  103. gan hp saya advan S4a knpa di sim 2 slalu G ya ga pernah 3G sudah di jajal berbagai kartu. ya kalo sim 1 normal ajhh 3G

    ReplyDelete
  104. untuk yang punya masalah sama firewall service yg suka muncul terus2an install aja aplikasi stubborn trojan killer langsung scan ---> kill langsung deh normal lagi...

    ReplyDelete
  105. min saya pakai andromax u2, kendalanya sering muncul tukisan FIREWALLSERVICE kalo gak salah.

    tolong gan buat menghilangkannya gimana? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  106. saya menggunakan samsung grand, mau tanya min. saya kan mau connect wifi,tapi waktu saya click option wifi nya itu malah ga terjadi apa apa.. itu gmn min solusi nya? makasi minn

    ReplyDelete
  107. mohon bantuanya min, cara unlock sim, xperia so03d agar bisa pake sim card indo gimana y, mohon jawabanya min.

    "terimakasih"

    ReplyDelete
  108. Min,smart phone saya samsung galaxi tab 2,,
    Keluhan saya tentang firewall service yang trus muncul2,, tolong beri solusi min, terimaksih

    ReplyDelete
  109. Min hape saya lenovo a7000+/k3 note.
    Baru beli sebulan yang lalu tapi akhir akhir ini suka 'sistem ui telah berhenti' gitu sama kadang restart sendiri, sekitar 2x seminggu.
    App saya juga cuma dikit dengan ram 2gb.

    ReplyDelete
  110. min mau tanya, hp sya samsung grand duos. maslah nya setiap paket data di aktifkan aplikasi terdownload dengan sndiri nya dan muncul situs yang tidak diinginkan. solusi nya gmn min?

    ReplyDelete
  111. Gan mau tanya nih,
    HP ane smartfren andromax c2 old sudah ane upgrade jadi kitkat trus ane udah root dan ane ubah costom rom i-phone, dan ane juga kan ngeganti sambungan datanya ke GSM, waktu baru2 sih masih bisa di pakai, tapi sekarang kok malah ga muncul si sambungan datnya ya? gimna ya gan?
    solusinya gan..

    Thanks.

    ReplyDelete
  112. Gan, mau tanya hp galaxy e5 sya ada problem firewall Service keluar sendiri beberapa menit sekali, trus kadang launcher loading jg keluar muter2,, dan bisa donlod aplikasi sendiri.. solusi gimana gan..

    Trimksh

    ReplyDelete
  113. Samsung young 2,an cara root hp samsung young 2 pegimana engga bisa wae defice wae gan

    ReplyDelete
  114. bang hp oppo gue lelet dan kadang tulisannya hilang seperti gue buka musik,setelan,bahakan nama aplikasi.padahal gue sudah install ulang. tpi msh tetap aja sama..
    tolong solusinya.

    ReplyDelete
  115. kak hp ku habis kna air ....trz ane bukak ...ane cpot semua sampe kering.... e setelah ane nyalakan ....hp normal3 aja...tapi...klw gag dipakek sama sekali hpnya sering restar sendiri padahal ane uda reset tu hp/.. masih tetep aja mas...restartnya...trz gmn nji mas...hp ane sony m2 single....tolong jwaabanya mas

    ReplyDelete
  116. kak, saya mau tanya
    hpku advan s5e pro jelly bean, trus saya update menjadi kitkat(melalui pc), dan sudah terpasang, trus saya aktifkan hpnya, setelah aktif saya coba sentuh touch screennya, kok malah ngak bisa di gerakkan, padahal sudah di menu home.
    maksih.

    ReplyDelete
  117. Hp saya lenovo a369i yang ingin sya tanyakan...
    Kenapa firewall servinya sering muncul dan bagaimana mengatasinya...?

    ReplyDelete
  118. Min,hp ane sinyalnya datanya juga idup tapi ga konek ke internet,,trus ane matiin n idupin lagi ni hp,,,tapi muncul sisten ui telah berhenti ,OK trus ane restart n bisa idup lagi,,,beberapa jam kemudian hp ane kek gtu lagi truss berulang ulang2

    Mohon dijawab scepatnya ya min

    ReplyDelete
  119. asus fonepad note 5 touchscreenya tdk bs digunakan, hanya bs menggunakan pen saja..
    gmn caranya perbaikinya

    ReplyDelete
  120. hp oppo neo R831k, kendala awal saat nge wiping pertama kali gara gara memory internal penuh tanpa sebab. ehh tau nya malah jadi makin parah setelah di wiping jadi muncul iklan gak penting n sering download apl tanpa ada notif. udah coba di hard reset masih sama aja. gmana solusi nya min, mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete

Apabila ada yang ingin ditanyakan soal artikel diatas atau mau request silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak memasukkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar relevan dengan artikel
4. Komentar kasar, ada unsur Sara, pornografi dianggap Spam, dan langsung dihapus.
5. Jangan Silent Rider ya
6. Admin akan coba merespon komentar baru secepatnya.
7. Harap berkomentar dengan bahasa yang baku tanpa singkatan.